Kenapa Pilih Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam?

Merliana Afiyati – Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2014

 

Hai Teens!

Perkenalkan nama saya Merliana Afiyati, mahasiswi aktif tingkat akhir di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam. Kesibukan saya saat ini, menyusun proposal skripsi yang belum rampung.

Mendengar jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam mungkin masih terdengar asing. Meskipun jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) tidak termasyur jurusan lain, prospek kerja yang dimiliki sangat luas loh. Kamu bisa bekerja di Diknas, Depsos/Deptan/BKKBN, Pemda/Perusahaan, Rumah Sakit, Panti Rehabilitasi, LSM bahkan di Penerbit.

Kalau ditanya kenapa pilih jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam? Saya mempunyai cita-cita menjadi konselor Agama dan Bimtal (bimbingan mental). Di jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, kamu akan belajar mata kuliah yang seru abis! Kamu akan belajar macam-macam kepribadian orang lain di mata kuliah psikologi umum, belajar merancang program intervensi di mata kuliah psikologi komunitas, dan di mata kuliah pelatihan pengembangan masyarakat kamu akan diajak mengunjungi kelompok usaha kecil.

Teens, mau tahu tugas apa yang sering diberikan dosen jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam? Tugas yang sering dosen berikan yaitu membuat makalah kemudian mempresentasikannya. Perbanyak membaca dan berdiskusi ya, agar pengetahuan kamu dapat bertambah dan berkembang. Melalui ilmu yang didapat di jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, saya dapat belajar membantu orang lain menyelesaikan kesulitan-kesulitan dalam hidupnya. Hal ini, terasa saat saya berada di tengah masyarakat. For your information, jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam lebih sering praktik dibandingkan dengan hafalan atau hitungan.

Tugas lapangan yang paling berkesan saat saya dan teman lainnya membuat program Pekan Tahfidz di TK. Nurul Hasanah, Pamulang. Adik-adik terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti Pekan Tahfidz yang kami adakan.

Banyak sekali pengalaman yang saya dapat di jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, salah satu pengalaman tak terlupakan saat saya dan teman kelompok Praktikum Profesi Mikro membuat program Pesantren Ramadhan di Yayasan Sahabat Bumi, Jurang Mangu, Bintaro selama satu pekan. Disela-sela waktu kuliah, kami melakukan survey, observasi, anjangsana, merancang program, menyusun jadwal kegiatan dan membuat proposal untuk donatur.

Menjadi mahasiswi jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam salah satu hal yang saya syukuri, jadi tidak ada hal yang memberatkan selama perkuliahan dan tidak ada yang disesalkan. Teens, love what you do, and do what you love! Life plan setelah kuliah, saya ingin mempunyai platform yang memberikan informasi tentang kegiatan komunitas sosial/organisasi sosial dan dapat bekerja di NGO (Non-Governmental Organization).

 

Tentang Penulis : Merliana Afiyati

Mahasiswi aktif Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam  angkatan 2014.

Blog: http://merlianaafiyati.blogspot.co.id/ Instagram: @merlianafiyati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *