Hidup Hemat Ala “Mahasiswa” dan “Anak Kosan”

Halo Teens

Makan merupakan kebutuhan dasar setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Loe dan Gue. (benarkan kita manusia? Eheh). Jika makhluk hidup, lebih khususnya manusia itu tidak memenuhi kebutuhan makan, maka akan terjadi ketidakseimbangan di dalam tubuhnya. Akan ada banyak efek muncul tiba-tiba, mak bedundung gitoe. Perut sakitlah, pusinglah, lemas lunglai, pucat pasi, bahkan kadang sampai tak sadarkan diri alias s e m a p u t. (Whatt?) Tetapi kadang ketika kite melihat kondisi dompet di saku atau di tas itu, rasa-rasanya juga sangat memprihatinkan sekaleeh. Rasanya dunia sangat jahat sama kita (lebay banget min). Nah, dari hal itu nih Sharingbareng mau kasih tips n tricks hidup hemat ala “Mahasiswa” dan “Anak Kosan”

1. Perbanyak “bank” tempat makan murah

Ini teknik jitu dalam menghemat bahkan menduduki ranking teratas (versi siapa min? eheheh) Sering-seringlah tanya ke teman loe, shohib loe, kakak tingkat loe, atau siapapun yang loe temui tentang tempat-tempat mana saja yang masih memiliki ongkos makan yang murah. Bahkan minum pun murah. Kamu harus memiliki bank data ini. Bank data itu apa sih min? Bank data itu yaaa sekedar catetan kecil aja, terkait kebutuhan mu tentang ini. Mau di catet di kertas kek, tempel tembok kek, di gudang file laptop mu kek, di catetan HP mu kek. Sok atuh. Bebas. Yang penting, jangan disimpen dalam otak loe Teens. Takut lari entah ke mana eheheh. Untuk semua waktu dalam sehari (pagi, siang, sore/malam) lebih baik dan lebih lengkap. So, dikau bisa tuh menghemat beberapa ribu rupiah buat makan.

2. Kurangi jumlah makan dalam sehari

Kalau ini nih, cara yang cukup ekstrem guys. Jadi, jangan coba-coba sembarangan (lah gimana gak di coba min, mimin kan yang rekomendasiin, eheheh lupa) Kalau belum terbiasa memang akan menyiksa diri. Bukan deng, akan terkena dampak langsung. Bayangkan dan bayangpun ketika loe terbiasa makan 3x sehari, tiba-tiba jeglek Teens Budiman ini harus makan cuma 2x saja. Pagi sama malam. Siangnya loss aja. Sengaja gak makan. Pasti deh bakal gimana-gimana gitoe. Tapi, guys, itu cuma di awal aja. Ntar lama-kelamaan bakal terbiasa looo. Gak percaya? Cobain deh. Kali-kali kite kan belajar hidup prihatin dengan melakukan tips ini. Iya kagak?

3. Perbanyak puasa sunah (bagi Teens Budiman yang menjalankannya)

Menjadi mahasiswa atau orang yang terbiasa dengan puasa sunnah iku, merupakan mahasiswa yang memiliki level di atas rata-rata loh guys (Wuiiihhhh claps claps claps), karena tidak semua mahasiswa atau orang dan diantara kite nih bisa melakukan hal ini. Niatkan dengan ikhlas, otomatis akan mengurangi uang makan kite Teens. Nikmati keajaiban-keajaiban di depanmu kelak. (Wow)

4. Nyamar jadi tamu undangan beneran dan/atau boongan

Kadang banyak tuh guys, acara-acara resepsi pernikahan dari teman kite, sahabat kite, omnya shohib kite, rekan kerjanya sahabat kite dan siapapun yang masih ada hubungan dikit (eheheh minimal pernah kenal atau taulah) sama kite. Atau bahkan loe dan gue nih  nyamar sebagai tamu undangan mempelai (entah siapa gitoe). Tapi syaratnya, di pernikahan yang gak nunjukin undangan pernikahan yeeee. Kan berabe kalau pas mau masuk, ditodong tuh undangannya. Jadi bisa malu sendiri ntar. Eheheh.

5. Masak sendiri

Ini merupakan langkah terakhir, yang sering dipakai tapi jitunya memiliki prosentase besar. Akan tetapi, memang butuh modal juga sih Teens, ya kali mau masak gak ada wajan, piring, pisau, sendok, garpu, minyak goreng dan shohib-shohib mereka yang lainnya. Tapi, ketika diitung-itung, masak sendiri jatuhnya bisa lebih murah loooo. Plus belajar jadi menantu idaman juga kan? (eheheh halah mimin mancing-mancing nih) Menantu idaman yang siap dipinang oleh calon-calon mertua wkwkw.

6. Cari tempat yang nyediain makan gratisan lain

Kadang ada lhooo di suatu daerah tertentu, wilayah terentu ada tempat-tempat yang baik, perhatian sama kite-kite. Mereka selalu menyediakan porsi makanan gratis untuk para jamaah pencari makanan gratis wkwkw. Loe dan gue juga harus punya bank data tempat-tempat ini nih. Biar bisa menghemat 100%. Kan lumayan kalau seharian, makanan-makanan kita sudah terjamin di mana saja. Betul kagak?

 

So, itulah tips n trick nya guys. Selamat bersenang-senang eheheh

sumber gambar: surabayaspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *