Halo Teens!

Status mahasiswa baru atau bekennya disebut sebagai maba merupakan hal yang sangat diimpi-impikan, iya kagak? Udah gak nyandang status anak SMP atau SMA lage. Sekarang udah aja dipanggil jadi mahasiswa. Akan tetapi, akan ada tugas berat dan baru yang telah menanti di depan kite guys (iya kah min?). Nah Sharingbareng akan membagi tips dan tricks nih buat loe yang merasa Maba. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan di awal-awal ketika jadi maba.

  1. Perencanaan

Pernah gak Teens mendengar pepatah tua yang berbunyi seperti ini, “Ketika Anda tidak memiliki rencana, maka berarti Anda telah merencanakan kegagalan”. Begitulah pentingnya sebuah perencanaan guys. So, setiap mahasiswa (apalagi buat loe yang jadi mahasiswa baru) harus tuh memiliki perencanaan dan target dalam menjalankan aktivitas-aktivitas loe. Rencana berapa tahun akan menyelesaikan studi, rencana mengikuti kegiatan/aktivitas organisasi apa aja, rencana pembelajaran intensif, rencana baca-baca buku, rencana mengerjakan tugas dan paper dan muaasiih banyak lagi. So rencanakanlah hidup mu dengan baik Teens. Ok?

 

  1. Isi waktu loe dengan berkegiatan

Ketika loe tidak mengisi waktu loe dengan kegiatan yang positif, maka siap-siap aja waktu loe akan habis untuk kegiatan-kegiatan yang tak bermanfaat – nirfaedah (what?) Ini merupakan sebuah hukum alami guys. Maka dari itu, Teens isilah waktumu dengan kegiatan positif. So, ikutlah berbagai kegiatan atau organisasi yang proporsional menurutmu. Apalagi loe udah punya tuh hal-hal apa saja yang ingin loe capai selama jadi mahasiswa, terus cari tuh tempat-tempat yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan loe itu. tinggal takis aja tuh.

 

  1. Belajarlah setiap waktu

Sempatkan membaca, di setiap kapanpun. Karena membaca adalah belajar paling minimal Guys. Lebih lagi, telah menyiapkan buku-buku bacaan kuliah maupun bacaan tambahan yang akan dibaca. Cek tulisan Yakin Kamu Seneng Baca? Yak Teens. Eheheh.

 

  1. Diskusilah dengan kakak-kakak tingkatmu

Berdiskusi atau ngobrol atau curhat dengan orang yang telah mengenyam pengalaman lebih doeloe itu kadang penting buat kite guys. Untuk apa? Mendengarkan apa yang beliau-beliau pesan, suatu saat agar kite kagak ngulangin kesalahannya dan dapat berjalan lebih cepat darinya. So, banyaklah berdiskusi dengan kakak tingkat. Dapatkan kualitas hidup yang baik dari mereka-meraka. Ok?

Nah, begitulah wahai para maba budiman. Silahkan diperhatikan yak, syukur-syukur juga kalau langusng dipraktekin tuh eekekeke.


sumber gambar: kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *