Tips n Tricks of Scholarship Seekers for Beginners

Hai Teens

Sebuah pencapaian mendapatkan beasiswa merupakan impian yang didamba-dambakan bagi para mahasiswa (jelas dums, masak kagak sih). Terutama maba-maba yang masih bau kencu nihr. Masih berbau masa-masa SMA/SMK lah wkwkw. Apalagi jumlah biaya beasiswanya ampe berjut-jut (red : berjuta-juta) atau malah dapet lebih dari satu beasiswa nih. Wahhhh….. itu impian banget dah. Terus bagemane sih cara dapetin beasiswa itu? Nah, dari pertanyaan itu nih Sharingbareng mau kasih tips n tricks buat para pencari beasiswa yang pemula.

  1. Sediain berkas default beasiswa (emang ada?)

Setiap beasiswa nih Teens biasanya ada tuh berkas-berkas tertentu. Antara atu beasiswa ama beasiswa lainnya biasanya akan memiliki spesipikasi berkas yang berbeda. Akan tetapi, berkas default setiap beasiswa juga pasti ada (iya kah min?). So, sediakan berkas default itu dalam suatu tempat khususmu. Biasanya berkas ini berupa Kartu Mahasiswa lah, KTP (diri maupun orang tua) lah, KK lah, SKTM lah, KHS lah, KRS lah, dan sertifikat-sertifikat (PPSMB, Organisasi dll). Sediakanlah dalam bentuk hardfile dan softfile (lengkap dah). Jadi, sewaktu-waktu loe membutuhkannya, tinggal ambil saja. Teens. Cusss. GPL. Gampang kan?

 

  1. Miliki timeline  khusus beasiswa dan spesifikasinya neehhh Teens.

Nah Timeline (taukan timeline? ekekek) ini merupakan waktu munculnya dan deadline (batas) pengumpulan beasiswa tersebut. Biasanya sih ada besaran beasiswanya juga lhooooo. Carilah, mintalah atau buatlah sendiri timeline ini. Karena hal ini akan membantu banyak pekerjaanmu. Bisa tuh jadi reminder loe.

 

  1. Hindari apply beasiswa pada deadlinenya (Deadiner? What?)

Ketika beasiswa bisa di apply lebih awal nih, kenapa tidak? Iyee kan? Karna ketika loe meng-apply beasiswa tepat pada jam-jam deadline, takutnya terjadi hal-hal yang tidak kite rencanakan lhooo Guys. Pernah kagak ngalami kejadian itu? (mimin pernah lhoooo, tiba-tiba makbedundung aja dating gitoe) So, persiapkan dengan baik yak. Hindari dadakan, dan hindari deadliner.

  1. Banyakin diskusi/ngobrol ama orang yang telah mendapat beasiswa

Incar orang/kakak kite tuh yang sering dapet beasiswa, terus mulai cari kontakmya (segala penjuru sosmed yang doi punya – kepoin aja deh), diskusilah/ngobrollah dengan santun Teens, anggap aja kakak sendiri ekekekek. Karena kadang cara-cara ini jitu untuk mencari jalan dalam mendapatkan beasiswa dan jadi termotivasi lhooo buat dapetin beasiswanya wkwkwk

 

  1. Perbanyak Do’a (Akehono Pandongan)

Nah ini dimensi yang amat sangat rumit. Perbanyak do’a, bahkan ampe sebanyak yang loe dan gue bisa. Minta bantuin juga tuh ama orang tua kite, kakak kite, adik kite, teman2 kite dan siapa aje lah yang kenal deket ame kite. Nambah ampuh tuh. Tak lupa, dari pribadi loe juga harus tekun dan menet (red : rajin). Sampai langit bergetar (alay min ah) mendengar rintihan doa-doa kite. So perbanyak do’a dan ibadah kepada Sang Pencipta.

 

  1. Paling penting nih, Pantang menyerah

Adakalanya loe bakal ditolak ama penawar beasiswa tersebut. Baik ditolaknya sekali atau bahkan ampe berulang-ulang kali (ngenes kan Teens? Uhuhuhu). Satu hal nih guys, pantang menyerah, siapkan semangat untuk meng-apply beasiswa yang buka dan buka lagi. Ini hanya masalah waktu guys. Iyees. Masalah itu aja. Bisa jadi ketika loe ngajuin 10 beasiswa ke instansi yang berbeda, dari 10 itu ada yang diterima tuh walau hanya 1. Kapasitasmu mungkin harus ngajuin ampe ke 10 instansi dulu nih. Nah kalau loe coba ampe 30 kali apply beasiswanye, terus kesempatan loe masih sama, maka loe masih bakal dapet 3 beasiswa, ini jumlah minimal dengan peluang dan kesempatan yang sama pula. So, jadilah petarung yang tangguh.

Finally, itulah tips n trick nya guys. Selamat bersenang-senang dan menyelami lautan para pencari beasiswa yang penuh lika-liku  ini ehehehehe

sumber gambar: https://remajaislampos.files.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *