Youth Journalist Movement 2017 (Day 1) : Hal-hal Baru bagi Peserta

Siswa-siswi peserta Youth Journalist Movement 2017 mengikuti kegiatan hari pertama, yaitu pelatihan jurnalistik dasar yang diselenggarakan di Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Gadjah Mada, Jumat(17/11) pukul 1-5 sore.

Tujuh belas peserta YJM mendapatkan materi dari dua pembicara yang sudah berpengalaman di bidangnya, yaitu Lisa Lindawati dan Bambang Muryanto. Mereka berdua mengajarkan kepada tujuh belas peserta mengenai dunia jurnalistik secara luas dan mengajarkan peserta dalam menulis kalimat berita yang singkat, padat, dan cepat.

Dari tujuh belas peserta, salah satu peserta bernama Patrick mendominasi kedua sesi pada saat diberikan kesempatan untuk merespon. Peserta lain juga kurang antusias dalam bertanya ketika ada waktu tanya jawab ataupun merespon pembawa acara. Namun jika dilihat kembali, pada sesi pertama jumlah responden lebih banyak dibandingkan dengan sesi kedua.

Sesi pertama memiliki jumlah responden yang lebih banyak dibanding sesi kedua. Hal itu karena sesi pertama yang dibawakan oleh Lisa Lindawati membawakan acara dengan memvisualisasikan variasi berita bagi peserta. Ia juga memvisualisasikan berita yang sedang menjadi perbincangan di masyarakat, yaitu Setya Novanto. Ia membuatnya menarik bagi peserta dengan beberapa komentar mengenai berita tersebut.

Pada sesi kedua yang diisi oleh Bambang Muryanto, mengajarkan peserta mengenai konsep dan cara menulis berita. Sebelum masuk materi menulis berita, Bambang Muryanto mengajak peserta mengenai minat baca dan menulis dengan memberikan beberapa contoh sastrawan terkenal, Pramudya Ananta Toer. Ia juga mengajarkan mengenai pola piramida terbalik dengan salah satu berita daring dari tirto.id.

Bagi peserta, materi yang sudah diberikan oleh moderator untuk beberapa peserta masih susah untuk dipahami. Beberapa peserta seperti kedua peserta dari SMA N 6 Yogyakarta mengutarakan bahwa materi tersebut menurut mereka susah untuk dipahami. Namun peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai jurnalistik, jurnalisme, dan menulis berita.

 

Ditulis oleh:

Patricius Sulistya Eka Apira Yogayudha

SMA Kolese De Britto

One thought on “Youth Journalist Movement 2017 (Day 1) : Hal-hal Baru bagi Peserta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *