Acara Puncak Youth Journalist Movement 2013

Peserta Youth Journalist Movement kembali melakukan kegiatan pada Minggu (19/11). Pada hari ketiga ini peserta melakukan praktik liputan di lapangan. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk meliput kegiatan yang ada di sekitar Universitas Gadjah Mada. Walaupun keadaan cuaca yang kurang bersahabat tidak membuat para peserta surut, antusiasme para peserta kian tinggi karena panitia Youth Journalist Movement membuat tantangan antar kelompok bertajuk Youth Press Battle.

Pada tantangan kali ini para peserta diminta untuk menjadi redaksi media yang sudah diberi nama oleh masing masing kelompok. Banyak sekali hal-hal yang dapat diliput di sekitaran Universitas Gajah Mada, sehingga para peserta pun dapat dengan mudah meliput kejadian yang ada di sekitar. Persiapan tiap-tiap kelompok pun sudah cukup matang sejak malam sebelumnya, mereka mempersiapkan kamera, laptop, alat perekam, bahkan seragam layaknya jurnalis sesungguhnya. Di tengah-tengah peliputan hujan kembali turun dengan derasnya, namun para peserta tetap tidak kehilangan cara untuk meliput, bahkan ada yang merelakan payung satu-satunya hanya untuk melindungi  kameranya agar tidak kehujanan.

Pukul 09.30 para peserta sudah diharuskan kembali ke tempat berlangsungnya penjurian. Selanjutnya para peserta diminta untuk membuat sebuah artikel berita sesuai dengan apa yang sudah diliputnya tadi. Dengan bersemangat para peserta bergegas untuk merancang kata demi kata membuat artikel yang akan di presentasikan di depan teman-teman serta para juri dan panitia. Kelompok pertama diberi nama “prosotan.co.id” dengan mengangkat berita yang sedang hangat-hangatnya terjadi di sekitar jalan UGM, yaitu peristiwa kecelakaan pengendara motor. Kelompok kedua memilih nama “salamace.com” mereka  mengangkat berita yang berhubungan dengan daya tarik para remaja saat ini yaitu hari minggu produktif. Kelompok ketiga juga tak mau kalah dengan brand uniknya yaitu “wi chanel” kelompok ini mengangkat berita mengenai aktivitas  di sekitaran sunmor UGM.

Selanjutnya para peserta diminta untuk mempresentasikan hasil olahan beritanya masing masing. Semuanya dapat menyaika berita dengan sangat bagus dan menarik, bahkan para juri dan panitia pun terhibur dengan penampilan masing masing kelompok. Waktu yang dinanti-nantikan tiba, panitia pun mengumumkan pemenang lomba yang sudah dinilai oleh para juri. Pemenang kali ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu “Terdabest” yang dimenangkan oleh kelompok salamace.com, ”Terminimalis” yang dimenangkan oleh kelompok wi chanel, dan yang terakhir “Terfaedah” yang dimenangkan oleh perosotan.com. Para peserta terlihat sangat gembira, seluruh panitia terlihat sangat bangga melihat hasil liputan masing-masing kelompok. Di akhir acara panitia dengan peserta berfoto bersama. Panitia dan peserta merasa senang sekali atas terselenggaranya acara ini, dan mengharapkan adanya follow up dari acara Youth Journalist Movement 2017 ini.

Ditulis oleh : Nur Atiqah Khairunisa (SMA MUHAMMADIYAH 1YK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *