TechTalk #102 Wujudkan Sinergi Pelaku Bisnis di Surabaya

Sabtu (16/12) Qiscus baru saja menggelar acara TechTalk ke-102 yang bertajuk “Insider Secrets on The Power of Chat”. Bertempat di Digital Innovation Lounge (DILo) Surabaya, TechTalk kali ini menghadirkan seorang pembicara dari PENS Sky Venture, Achmad Zulkarnain, dan juga CEO Qiscus sendiri, Delta Purna Widyangga. Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini dikemas dalam bentuk talkshow dengan seorang moderator dan dihadiri oleh sekitar 25 tamu undangan dari kalangan pelaku bisnis berbagai perusahaan yang berbasis di Surabaya.

 

Topik mengenai chat diusung tidak hanya sebagai upaya memperkenalkan bagaimana model komunikasi konsumen digital saat ini, namun juga memberikan alternatif bagaimana tren tersebut dapat diadopsi oleh bisnis. Tak hanya pada bisnis berbasis digital, tetapi juga bagi perusahaan konvensional yang telah mapan, namun tak lepas dampak dari disrupsi digital yang semakin menjadi-jadi belakangan ini.

 

TechTalk #102 merupakan salah satu helatan yang cukup spesial dari Qiscus. Tidak seperti biasanya di mana kami menyelenggarakan TechTalk untuk para developer di kota tempat product development kami berbasis, yakni Yogyakarta, TechTalk Surabaya menandai pijakan awal kami untuk berkomitmen melakukan ekspansi ke berbagai kota di Indonesia. Sebelumnya, TechTalk juga diselenggarakan di Jakarta yang merupakan basis bisnis Qiscus di Indonesia.

 

Kebutuhan untuk melakukan ekspansi kami rasakan seiring dengan berkembangnya antuasiasme masyarakat terhadap tren di bidang teknologi itu sendiri. Seperti kita tahu, saat ini Indonesia didapuk sebagai salah satu negara dengan jumlah startup nomor empat tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat, India, dan juga Inggris, yakni mencapai 1.666 startups. Jumlah ini tentunya membawa konsekuensi dibutuhkannya banyak sekali tenaga ahli dan berkompeten yang kelak akan meningkatkan dan membangun, tak hanya dari segi kuantitas, tetapi juga kualitas. Karenanya, dibutuhkan usaha dan sinergi dari berbagai pihak, baik itu dari masyarakat, pemerintah, maupun pelaku bisnis itu sendiri yang mencakup bisnis kecil dan menengah, hingga korporat.

 

Wujud sinergi ini kemudian kita telurkan dalam berbagai kegiatan yang secara bersama-sama bertujuan untuk perkembangan bisnis, baik dari segi produk maupun tenaga manusia. Lewat TechTalk, kami aktif mengundang banyak pihak untuk bersinergi dalam berbagai bentuk. Sebut saja TechTalk #101 yang menghadirkan seorang expert dari korporat sekelas Oracle, hingga TechTalk #102 yang secara khusus mengundang para pelaku bisnis di Surabaya. Tak hanya mereka yang telah aktif berkutat dalam industri digital, namun juga mereka yang mengembangkan bisnis non-digital, untuk juga turut aktif menyumbang gagasan dan berbagi ide. Sebab seperti kita ketahui, munculnya disrupsi digital mau tidak mau membuat semua pelaku bisnis tanpa terkecuali akhirnya memerlukan kolaborasi untuk bersama-sama memenuhi ekspektasi konsumennya. Di sini, Qiscus hadir menjembatani sekaligus menjadi wadah untuk saling berbagi, baik bagi para pelaku bisnis konvensional, founder startup, developer, hingga mahasiswa yang notabene menjadi aset paling berharga dalam perkembangan dunia bisnis ke depannya.

 

Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih atas ketersediaan berbagai pihak untuk mendukung terselenggaranya acara ini, juga kepada rekan-rekan media yang telah aktif menyebarluaskan sehingga acara ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Ke depannya kami berharap kerja sama ini akan terjalin lebih intensif. Sampai jumpa di TechTalk #103 yang akan berlangsung di Jakarta!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *