The First Day Ngariung Lingkar Pemilih Muda Jawa Barat

Bandung, (27/1) Lingkar Pemilih Muda menyelenggarakan acara pertamanya yang bertajuk “Ngariung Lingkar Pemilih Muda Jawa Barat.” Acara ini merupakan kegiatan sosialisasi pemilihan umum yang diselenggarakan oleh kolektif anak muda independen yang mendirikan gerakan non-profit bernama Lingkar Pemilih Muda. Gerakan ini hadir untuk menggerakkan semangat politik sehat bagi remaja sampai dewasa muda usia 17-26 tahun, utamanya terkait pemilihan umum dan bagaimana cara menilai calon pejabat publik. Khusus untuk kegiatan ini, Lingkar Pemilih Muda mendapat dukungan penuh dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, sehingga kegiatannya ditujukan bagi pemilih mula dan muda yang berdomisili di Jawa Barat.
Anak-anak muda wajib sadar akan pentingnya hak suara yang ia miliki, karena menurut sumber data Badan Pusat Statistik, diproyeksikan bahwa jumlah pemilih mula (yang baru pertama kali memilih) dan pemilih muda (yang sudah pernah memilih sebelumnya) mencapai 40 juta suara atau seperempat dari total daftar pemilih tetap untuk pemilihan umum kepala daerah, pemilihan anggota legistlatif, dan pemilihan presiden. Mata materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini adalah peran sebagai pemuda warga negara dalam mewujudkan politik dan demokrasi yang berintegritas. Peserta akan melaksanakan diskusi terpusat dan diskusi mandiri tentang wajah politik masa kini yang dirasa menyimpang dan jauh dari cita-cita bangsa.
Dalam kegiatan ini, hadir pula dua orang tokoh yang sudah lama aral melintang di dunia pemilihan umum, yaitu Dr. Ferry Kurnia R., S. IP., M. Si., anggota KPU RI periode 2012-2017 dan Dr. H. Yayat Hidayat, M. Si., Ketua KPU Jawa Barat. Beliau akan memaparkan hal mendasar terkait pemilihan umum itu sendiri, di antaranya urgensi, prinsip, dan landasan pemilu, serta hal-hal teknis dan administratif seperti sistem dan siklus pemilu di Indonesia.
Kedepannya, gerakan ini diharapkan merambah langsung secara nasional dan dapat menjangkau daerah lain dengan mengadakan kegiatan yang serupa. Peserta yang telah selesai menjalani rangkaian acara ini dikukuhkan menjadi agen sosialisasi pemilu yang sportif di daerahnya masing-masing dengan sebutan Pemulih Pemilu dan motto #pinterpilih dan #pinterpantau karena pemilihan umum bukan hanya tentang memilih, namun juga memantau dan mengawasi keberjalanan demokrasi dari proses yang paling sederhana.
sharingbareng.com merupakan rekan media eksklusif dari acara Ngariung Lingkar Pemilih Muda Jawa Barat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *