Kamu Mahasiswa? Ini yang harus senantiasa kamu lakukan!

Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Halo Guys! Perkenalkan, namaku Raditya Prima Nurdiansyah dan kalian bisa memanggilku dengan nama Radit. Sekarang aku sedang kuliah di Fakultas Kehutanan UGM tepatnya di departemen Manajemen Hutan sejak 3.5 tahun yang lalu. Doakan aku lulus pada waktu yang tepat ya Guys. Aamiin…

Oke lanjut, sudah cukup untuk perkenalan singkatnya, sekarang aku mau sedikit berbagi nih tentang apa yang harus senantiasa dilakukan oleh mahasiswa. Berbicara tentang mahasiswa ada suatu hal yang perlu dan harus kita ingat jika kita memang benar-benar seorang mahasiswa. Apa itu? Hal itu adalah bersyukur. Ya! Kita perlu dan harus ingat untuk senantiasa bersyukur teman-teman. Tak peduli kita berkuliah di mana, menjadi mahasiswa merupakan suatu kenikmatan tersendiri yang perlu kita syukuri. Bagaimana tidak? Ada banyak teman-teman kita di luar sana yang belum bisa seberuntung kita. Mereka ingin sekali kuliah, ingin sekali belajar dan menuntut ilmu di tempat kita sekarang. Tetapi karena suatu hal, mereka menjadi tidak bisa merasakan belajar di bangku perkuliahan seperti kita. Dan Allah telah memilih kita untuk bisa merasakannya.

Teman-teman, dengan senantiasa bersyukur, semoga itu bisa menjadi pengingat dan penyemangat bagi kita. Bahwa menjadi mahasiswa adalah hasil atas usaha perjuangan yang kita lakukan sebelumnya. Ada yang diterima perguruan tinggi karena lolos seleksi nilai, ada yang harus mengikuti ujian tertulis terlebih dahulu, bahkan ada yang harus perlu menunggu satu sampai dua tahun baru bisa merasakan menjadi mahasiswa. Semua punya perjuangannya masing-masing dan kita sudah bisa melewati proses itu. Oleh karena itu, ketika dalam proses perkuliahan, kita menemukan hal yang sulit atau berat, perlu kita ingat kembali untuk bersyukur. Bahwa kita sudah sampai titik di mana tidak semua orang bisa menjangkaunya. Bersyukurlah dan berusahalah kembali untuk mencapai titik capaian selanjutnya.

Bukankah Allah telah berjanji bahwa barangsiapa yang bersyukur atas nikmat-Nya, maka Allah akan menambahkan kembali dengan nikmat yang lain. So, jangan lupa untuk terus bersyukur ya Guys.

Lanjut lagi… Setelah kita bersyukur bahwa kita adalah mahasiswa, selanjutnya kita harus sadar bahwa menjadi mahasiswa merupakan sebuah kesempatan yang Allah kasih agar kita bisa manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Teman-teman ingat dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi kan? Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi disebutkan ada 3 poin yang menjadi tanggung jawab sivitas akademika terutama pada diri seorang mahasiswa. Tiga poin tersebut yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian terhadap masyarakat. Dengan adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi ini, mahasiswa perlu sungguh-sungguh serius belajar dalam bidang yang ditekuninya. Agar kelak ilmu yang diperoleh bisa menjadi pohon yang memiliki buah manfaat bagi orang banyak.

Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, poin ke satu dan ke tiga menjadi tanggung jawab kita sebagai mahasiswa bahwa kita harus bersiap diri untuk tantangan 10-20 tahun ke depan. Ingin berperan sebagai apa kita nanti untuk bangsa dan negara ini. Tentu semua itu akan bergantung atas seberapa besar usaha kita dalam berproses dalam pendidikan dan penelitian saat menjadi mahasiswa sekarang. Memang menjadi mahasiswa tidak hanya berbicara tentang belajar saja, ada saatnya kita akan membutuhkan hiburan. Namun jangan sampai kita terlalaikan dengan hiburan itu. Ketika rasa bosan dan jenuh telah hilang, kita harus fokus kembali untuk mempersiapkan bekal masa depan kelak. Ingat Guys, tidak semua orang punya kesempatan seperti kita! Harus bisa manfaatkan kesempatan ini.

Dalam poin ke tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi disebutkan pengabdian terhadap masyarakat. Ini perlu kita renungi bersama sebagai mahasiswa. Kontribusi apa sih yang sudah kita lakukan atau sedang kita persiapkan untuk masyarakat? Bagi yang sudah menemukan jawabannya, teruslah fokus dan berusaha yang terbaik. Sedangkan bagi yang belum, ayo terus gali potensi kita. Jangan sampai ada atau tidak adanya kita di masyarakat menjadi hal yang sama saja. Ingat, menjadi menjadi mahasiswa merupakan sebuah kesempatan untuk berbuat lebih teman-teman. Kita manusia, dilahirkan memiliki potensinya masing-masing agar bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Untuk karena itu, berusahalah menjadi bermanfaat.

Buktikanlah bahwa mahasiswa yang katanya agent of change merupakan agen perubahan untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik bukan sebaliknya. Mulailah dari hal sederhana yang bisa kita lakukan. Seperti bersilaturahim dengan warga sekitar dan membantu semampunya jika ada masalah (bukan masalah rumah tangga lho ya.. hehe), ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial, mengikuti komunitas yang mempunyai tujuan positif, dan hal-hal sederhana yang lain. Tidak perlu untuk menunggu KKN (Kuliah Kerja Nyata) atau menunggu menjadi sarjana. Berperanlah sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan dan jadilah mata air di tengah masyarakat!

Terakhir, tulisan ini pun aku buat agar bisa menjadi penyemangat untuk diriku sendiri. Bahwa aku pun masih belajar dan mungkin belum sebaik teman-teman dalam mensyukuri nikmat menjadi mahasiswa. Saat ini aku bersama teman-temanku sedang berusaha membuat proyek kebaikan kecil-kecilan. Semoga proyek kebaikan ini bisa terus berkembang dan menjadi bentuk wujud rasa syukur kami atas nikmat yang telah diberikan Allah kepada kami selama ini.

Terima kasih banyak Guys sudah mau membaca sampai akhir dan juga kepada sharingbareng.com yang bersedia menjadi perantaraku untuk berbagi. Semoga yang sedikit ini memiliki manfaat lebih panjang daripada umur hidupku. Tetap semangat dan ingatlah untuk selalu bersyukur! Karena tidak semua orang mempunyai kesempatan seperti kamu!

Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *