Belajar Sambil Jalan-Jalan?

Bosen kalo belajarnya di dalem ruangan terus. Ngeliatnya cuman papan tulis, meja, kursi, LCD aja. Kayaknya asik kalo belajar itu sambil jalan-jalan ke pantai, bukit, sungai, gunung. Iya, belajar plus jalan-jalan. Emang bisa? Bisa banget! Teknik Geologi jawabannya, hehehe.

Anyway, halo! Perkenalkan, aku Nada Salsabila Irsani.

Saat ini aku sedang menjalani semester ke-4 ku di Teknik Geologi UGM. Bagi adik-adik yang galau ingin melanjutkan kuliah dimana, juga bagi temen-temen yang penasaran dengan kehidupan mahasiswa Teknik Geologi, kali ini aku akan berbagi pengalamanku selama kuliah di Teknik Geologi UGM. Selamat membaca!

Awal mula tertarik di Teknik Geologi gimana sih?

Aku dulu sama sekali nggak ngerti apa itu Teknik Geologi. Pas masuk SMA tahunya ya Jurusan Kedokteran, Hukum, Hubungan Internasional dan jurusan-jurusan sejenis. Sampe ditahun 2014, yang mana ditahun itu lagi rame-ramenya pilpres, aku nonton debat capres. Saat itu, moderatornya Bu Dwikorita Karnawati. Setelah nonton, pembawaan ibunya yang tenang dan berwibawa bikin aku penasaran. Langsung deh cari tahu di Google siapa Dwikorita Karnawati itu. Ketika melihat riwayat Pendidikan beliau, disitulah aku berkenalan dengan Teknik Geologi.

Karena aku suka kegiatan outdoor, suka hal-hal yang berbau alam, dan suka fotografi—walaupun terlepas dari itu aku juga suka baca dan nulis—aku ngerasa Teknik Geologi itu cocok buat aku. Iya, sesederhana itu wkwkwk.

Setelah ngerasain hampir 2 tahun kuliah di Teknik Geologi, gimana? Masih ngerasa cocok nggak?

Definitely yes. Apa yang aku jalani disini nggak beda jauh sama ekspektasi sih. Sebelum memutuskan kuliah di Teknik Geologi, aku kan cari tahu dulu, dan sampai pada kesimpulan bahwa Teknik Geologi itu seru. Belajarnya nggak hanya di dalam kampus, tapi juga di luar kampus. Namun yang harus jadi catatan, jadi anak Teknik Geologi ya harus siap untuk panas-panasan di lapangan, begadang ngerjain laporan praktikum, ditempa nggak hanya otak aja, tapi juga fisik dan mental.

Wih segitunya ya, emang sehari-hari di Teknik Geologi itu ngapain aja sih?

Kurang lebih sama kayak anak kuliah lain. Bedanya, di Teknik Geologi ada banyak praktikum (ini di UGM sih gatau yang lain gimana hehehe) dan ada fieldtripnya. Senin sampai Jumat biasanya kuliah dan praktikum. Nah, di Hari Sabtu akan ada fieldtrip. Fieldtrip itu kegiatan lapangan, bareng-bareng temen satu angkatan dan dosen serta asisten praktikum untuk mengunjungi objek geologi serta mempelajari objek geologi tersebut. Asyiknya, objek geologinya itu bisa berlokasi di bukit, pantai, gunung, sungai. Jadi nggak akan bosen!

Yah, waktu libur jadi berkurang dong?

Tenang, fieldtrip nggak setiap minggu kok. Paling satu semester fieldtripnya 6-8 kali. Santai lah, asik kok belajar sambil jalan-jalan, rela kepanasan dikit-dikit gapapa lah yaaa.

Emang yang dipelajari di Teknik Gelologi apa aja sih?

Intinya, di Teknik Geologi itu kita akan belajar mengenai bumi beserta penyusunnya, proses yang terlibat didalamnya, serta sejarahnya. Itung-itungan? Karena teknik, jelas ada, tapi nggak serumit teknik lain hahahaha.

Kok kayaknya akademis banget ya kegiatannya, ada nggak sih kegiatan yang nggak berbau akademik?

Tentu saja ada. Di Teknik Geologi UGM ada yang namanya Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM (HMTG FT UGM). Semacam OSIS nya Teknik Geologi UGM gitu sih. Selain itu, ada juga organisasi keprofesian tentang geoglogi pastinya, yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin mendalami ilmu sambil berorganisasi. Organisasi keprofesian ini contohnya SPE UGM SC (Society of Petroleum Engineers), AAPG UGM SC (American Association of Petroleum Geologists), SM-IAGI UGM (Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia), dan SEG UGM SC (Society of Economic Geologists). Penaraan organisasi keprofesian tersebut seperti apa? Googling aja yaa biar makin tertarik sama Teknik Geologi, wkwk. Kalo bener-bener pecinta alam, bisa tuh gabung di MAGMAGAMA , mapala nya Teknik Geologi UGM.

Terlepas dari itu, banyak juga organisasi ditingkat fakultas dan universitas yang bisa kamu ikuti. Jadi nggak usah takut kalo masuk di Teknik Geologi bakal jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) . Banyak kok wadah yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan minat dan bakat kamu. Tinggal pinter-pinter ngatur waktu aja.

Prospeknya gimana kalo masuk di Teknik Geologi?

Kebanyakan orang tertarik di Teknik Geologi karena nantinya bisa kerja diperusahaan minyak, tapi Teknik Geologi nggak melulu tentang minyak kok. Bisa juga nantinya kerja dipertambangan, perusahaan air, perusahaan konstruksi, LIPI, atau BMKG.

Hal yang tidak disukai di Teknik Geologi?

Beban kerjanya, wkwkwk. Ya semua jurusan juga sama sih, pasti banyak tugas.

Hal yang paling disukai di Teknik Geologi?

Karena proses kaderisasi yang lumayan panjang, aku dan satu angkatanku kompak banget. Kita sudah seperti keluarga. Itulah salah satu yang aku sukai di Teknik Geologi.

Dan satu lagi, karena aku bisa belajar sambil jalan-jalan, hehehe.

Nah, mungkin itu dulu yang bisa aku bagi untuk adik-adik dan temen-temen. Jangan bosen ya baca ceritanya. Kalo mau tanya-tanya lebih lanjut, boleh banget. Silahkan hubungi aku di emailku : nada.salsabila.irsani@mail.ugm.ac.id

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *