PBI Sanata Dharma. Jurusan yang Membuatmu Semakin Spesial

 

What’s up awesome people!? Udah siap kuliah? Udah tau jurusan yang pengen diambil? Great kalo udah!! Kalo belum, aku pengen cerita nih buat wawasan jurusan temen-temen yang mau lanjut kuliah atau (parahnya) pindah jurusan, gara-gara gak merasa cocok sama jurusan yang sekarang diambil, hahah.

Kenalan dulu ya peep, dikit doang hehe. Namaku Michael Sawung Aji Pamenang. Aku mahasiswa Sanata Dharma (Sadhar) prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Saat menulis ini aku sedang menjalani masa studiku di tahun ketiga, tepatnya semester 6 (Feb 2018).  Disini aku bakal cerita sedikit tentang univ dan prodiku, dimana aku merasa sangat bangga bisa masuk kesini. Okey let’s get started.

Kuliah di Sadhar itu asik banget, serius. Aku ceritain dari awal yak, ntar terus baru masuk ke prodiku. Jadi, Sadhar tu punya motto hidup universitas yang di sebut 3C, terdiri dari Competence Conscience and Compassion. Artinya adalah, sebagai civitas Sadhar yang utuh dan sempurna oleh ciptaan-Nya kita diwajibkan untuk memiliki ilmu (competence) yang harus selalu berkembang, kemudian kerendahan hati (conscience) kepada sesama, dan semangat bela rasa (compassion) kepada siapapun yang membutuhkan dukungan. Dari motto diatas, lahirlah sebuah ekosistem kampus yang anti kekerasan. Kamu gak akan menemukan kekerasan saat ospek maba, kamu akan dengan mudahnya dekat dengan dosen dan kakak tingkat (kating) karena tidak ada senioritas, semua mahasiswa akan diperlakukan adil atas hak-nya sebagai mahasiswa yang setara satu sama lain. Kalau gak percaya, baca deh hal-hal unik yang hanya dipunyai Sanata Dharma di internet. Temen-temen bakal nemuin banyak kisah menarik yang hanya dialami ketika menjadi bagian dari Sanata Dharma.

Yuk lanjut ke prodiku. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) itu beda sama Sastra Inggris (Sasing). Kalo Sasing itu lebih ke ‘mempelajari Bahasa Inggris secara lebih mendalam’, tapi kalau PBI itu lebih ke ‘kita diajarkan untuk mengajar Bahasa Inggris dalam level umum’. Tapi nanti ketika kita mengambil mata kuliah (makul), akan banyak sekali makul paket atau makul opsional untuk temen-temen pilih dalam memperdalam Bahasa Inggris. Perbedaan ini sedikit banyak mempengaruhi dalam bidang lapangan kerja yang akan aku bahas di akhir.

Diawal semester ganjil, mata kating akan tertuju kepada maba, entah itu kating perempuan atau laki-laki. Bukan mau mengancam, tapi karena kating-kating tadi adalah panitia English Welcoming Days (EWD) yang menganalisa mana maba prodi lain dan mana maba PBI yang nantinya akan disambut dengan suka gembira di EWD. EWD adalah rangkaian kegiatan inisiasi Prodi PBI. Kegiatannya happy-happy, bermakna, merekatkan seluruh angkatan tersebut, dan seringnya banyak cinlok. Di EWD ini kita akan diajak untuk mengenal daerah kekuasaan (tongkrongan) anak PBI, dosen-dosen PBI, Unit Kegiatan Prodi (UKP) atau yang bisa di sebut ekstrakurikuler, dan ruang-ruang kelas yang bakal dipake selama kuliah di PBI.  Selama rangkaian EWD, temen-temen juga akan dikasih tugas menarik dari panitia, serius menarik nan asik, aku gak bohong. Di EWD ini temen-temen bakal merasa kalo PBI itu udah jadi “rumah” kalian sendiri. Kemudian acara puncaknya ada di sekitar bulan September dan bertempat di bumi perkemahan legendaris langganan semua inisiasi di Sadhar bernama Wonogondang. Bener banget, kita akan camping. Tenang lhoo, TENDA, MAKAN, DAN PERHATIAN sudah disiapkan oleh panitia kok. Temen-temen cukup bawa badan dan perlengkapan pribadi. Setelah kegiatan selesai, biasanya maba udah apal banget nih sama jingle acaranya, dan sering pada bikin status “kangen EWD” padal baru kemaren selesai. Itu karena moment EWD emang gak terlupakan sepanjang segala abad amin.

Untuk rangkaian inisiasi udah nih, lanjut kita masuk ke apa yang akan diajarkan di PBI. Untuk temen-temen yang suka sama bahasa Inggris, tapi merasa skillnya masih kurang buat masuk PBI, DO NOT EVER WORRY ABOUT THIS EVER AGAIN. I MEAN IT. Ketika masuk, temen-temen akan diajari bahasa Inggris dari awal banget. Kalian akan menemukan makul yang namanya basic reading, basic writing, basic listening dan basic-basic yang lain. Kenapa PBI melakukan itu, menurutku, itu karena PBI pengen membimbing kita dari kita tengkurep, duduk, merangkak, berdiri, jalan, dan sampai kalian bisa lari kenceng. Intinya jangan pernah takut buat masuk PBI Sadhar, karena kalian akan menemukan arti dari sebuah proses belajar.

Apa aja sih makul yang spesial di PBI?

Kalo aku ceritain semua aku yakin gak cukup 20 halaman. Tak kasih tau makul yang paling populer bahkan sampai PRODI LAIN tahu kalau ini spesial di PBI. Pertama adalah makul Play Performance. Makul ini semacam makul untuk membuat kepanitiaan dimana kita ditugaskan untuk membuat sebuah pertunjukan drama. Eits jangan diremehin dulu buat temen-temen yang mungkin udah pernah bikin. Kepanitiaan ini akan beranggotakan maksimal sekitar 80 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok panitia kecil. Sehingga setiap kelompok drama hanya akan memiliki 40 orang. Kemudian itu akan dibagi lagi kedalam macem-macem divisi dan pemain. Untuk drama yang terakhir kemaren bulan November 2017 pemain berjumlah 11 dan 12 orang, sehingga sisanya hanya 28 an orang untuk mengurus keperluan drama dalam bidang artistik maupun produksi. Bisa dibayangin kan? Berat sih, tapi kamu pasti sanggup dan akan bangga saat dramamu sukses.

Satu lagi yang unik dari PBI adalah makul SPd. Gak pernah denger kan. Iyalah, yang punya PBI Sadhar doang. Makul ini akan dan wajib kalian ambil mulai semester 7. Aku belum ambil sih. Tapi aku dapet bocoran dari kakak tingkat kalo makul ini bakal banyak merubah dan membedakan kualitas lulusan PBI dalam dunia kerja. Ngapain aja emang? Nih tak kasih tau. Bobot kuliah ini Cuma 3 SKS tapi jam pelaksanaan bisa 5 SKS. Kelas dimulai terserah dosen (satu-satunya dan belum pernah ganti dari dulu sampe sekarang) yang namanya dirahasiakan yak. Biasanya kelas dimulai jam 6 pagi hari Senin. Untuk amannya kalian kudu dateng jam setengah 6. Kalo sampe masuk kelas DIBELAKANG dosennya aja, maka kamu udah FAILED makul itu dan ngulang lagi sesuai dengan perintah dosen tersebut untuk mengulang kapan. Di kelas udah kudu profesional, semacam manggil temen kita pake pak/bu, ada susunan jabatan yang dibangun diawal semester juga. Kalo sampe ketahuan sama dosen menguap dikelas, langsung disuruh push up. Ada tugas yang menantang juga, yaitu mencari client yang bersedia menggunakan jasa skill bahasa Inggris kita. Tempat tugas bebas, bahkan boleh luar negeri kalau kalian laku. Semakin hebat kesepakatan dengan client maka semakin berkualitas juga kalian. Mungkin terdengar serius, tapi tenang, sekali lagi GAK AKAN ADA KEKERASAN. Ini demi karir kalian yang semakin berkualitas dimasa depan. Masih banyak lagi yang menarik di PBI sebenernya, tapi aku yakin ini dan paragraf berikutnya udah cukup bikin kalian yakin sama PBI Sanata Dharma.

Lalu gimana peluang kerjanya?

Aku berani ngomong (gausah taruhan, gak baik), banyak sektor yang memerlukan Bahasa Inggris menggunakan lulusan PBI Sadhar. Jadi tour guide? Guampaaang. HRD? Banyak. Guru? Pastinya. English instructor di perusahaan asing? Bisa banget. Atau pengen kuliah sambil ngeles? Kalian gausah nyari entar juga udah dicari. Apapun bisa kalian capai lewat sini walaupun notabene kita dididik untuk menjadi guru. This is why I love this study program, Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma.

Dah ah, dah kebanyakan nih spoilernya. Aku nulis ini murni dari hati, dari pengalaman diri, dan pengalaman saudara dan teman-temanku yang pernah ataupun masih kuliah di PBI. Semoga ceritaku ini menambah wawasan jurusan dan pekerjaan buat temen-temen semua. Kalo masih kepo soal dunia perkuliahan PBI Sadhar boleh tanya langsung, search aja namaku di sosmed (bukan maksud promosi, tapi beneran boleh tanya dan pasti aku jaba). Tercepat instagram mungkin ya, DM aja sawungajip.

-TERIMAKASIH DAN BERKAH DALEM-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *