Tips Memilih Jurusan di Dunia Perkuliahan

Kuliah dimana??? Jurusan apa??? Emang kalau lulus jadi apa??? Semua akan jadi topik perbincanganmu di waktu dekat ini. Masih ragu dengan pilihanmu??? Yukk simak apa yang aku sharing dibawah ini.

Masa-masa ini ialah masa dimana seluruh siswa kelas 12 akan melanjutkan pendidikannya kebangku kuliah. Banyak yang masih di resahkan walaupun bukan waktunya lagi. Buat kalian yang masih meresahkan jurusan maupun permasalahan kuliah, aku akan sharing beberapa tips nih cara nentuin jurusan by my version. Ahaha

Perkenalkan aku Reza Setiawan mahasiswa Jurusan Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada angkatan 2017. Kemaren aku udah rasakan seperti apa yang kalian rasakan sekarang. Kalian pasti masih bingung nentuin jurusan kuliah saat ini kan. Nih beberapa tips yang aku pake…

Pertama yang aku lakukan adalah mengetahui bakat aku dimana, kemampuan aku dimana, pencapaian nilai-nilai aku tingginya dimata pelajaran apa. Nah buat kalian yang masih bingung nentuin jurusan, kalian harus tahu dulu kelebihan kalian di bidang apa. Dengan mengetahui kelebihan itu, kalian akan mudah menjalani kehidupan perkuliahan selanjutnya. Aku sharing dikit nih, kemaren pas SMA jujur, aku belum tahu bakatku dimana, tapi aku lihat nila-nilai matapelajaranku dari kelas 11-12 SMA, Mata Pelajaran Antropologi yah lumayan lah, jadi itu salah satu alasanku milih Antropologi.

Kedua, jika kalian sudah tau bakat dan kemampuan kalian dimana, kalian harus cari tahu tentang jurusan-jurusan yang berkaitan dengan bakat dan kemampuan tersebut. Contoh nih, kemampuan kamu pada matapelajaran Bahasa Inggris sangat memuaskan, kamu mahir Berbahasa Inggris, kamu paham apa yang dimaksud jika mendengarkan orang berbahasa inggris. kamu boleh memilih jurusan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, dsb. Problemnya, jika kalian masih bingung, mau jurusan A tapi pengen jurusan B juga. Yang kalian lakukan adalah membuat list kelebihan dan kekurangan masing-masing jurusan tersebut. Jika sudah tahu kelebihan dan kekurangannya, pilih satu lagi yang lebih kalian prioritaskan. Jurusan prioritas tersebut bisa kalian jadikan pilihan utamanya, yang lainnya bisa di pilihan kedua maupu ketiga.

Ketiga, jika kalian sudah tahu bakat dan kemampuan kalian dimana, jurusan yang dipilih sudah tahu, kalian harus mempertimbangkan nilai kalian. Nilai sangat menentukan nasib kalian pada jalur masuk SNMPTN. Tapi buat kalian yang SBMPTN juga perlu memperhatikan nilai kalian sebagai pertimbangan melihat kemampuan kalian. Jika nilai kalian meyakinkan untuk memilih jurusan yang kalian inginkan, silahkan coba aja dulu.

Keempat, nilai rata-rata sudah tahu nih, langkah selanjutnya kalian harus milih uiversitas yang kalian inginkan. Tips dari aku tentukan jurusan terlebih dahulu baru memilih universitasnya. Untuk nentukan universitas, yang pertama aku lakukan aku pengen di kota mana dulu nih, kemaren aku pengennya di Jogja. Ketika aku udah tahu Jogja adalah kota tujuanku, aku harus mencari universitas-universitas yang ada di Jogja. Kalau udah tahu universitas apa aja yang ada di Jogja, aku cari tuh jurusan yang aku pengenin di beberapa universitas tersebut. Dan akhirnya aku memilih UGM.

Langkah-langkah yang dapat kalian yakinkan untuk memelih jurusan tersebut dapat dilakukan dengan searching-searching di media sosial. Kalian bisa cari tuh akun dari jurusan yang kalian inginkan, cari followingnya, boleh banget tanya-tanya dulu. Buat tambah meyakinkan kalian dijurusan yang kalian inginkan tersebut. Kalian bisa pertimbangkan dengan nilai-nilai yang kalian miliki terlebih dahulu apakah cukup, apakah kira-kira dengan nilai sekian bisa keterima di univ A misalnya.

Nahhh. Kalau kalian sudah tahu jurusan apa dan di universitas apa kalian harus fokus pada pencapaian itu, kalian harus rajin berdoa, sedekah, dan lain sebaginya yang memang diniatkan supaya lulus perguruan tinggi. Hhhhhhhh, Terimakasihhh. Semoga cukup membantu. J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *